Sabtu, 26 Februari 2022

Jadwal MPASI Bayi 7 Bulan yang Tepat


Saat usia bayi masih di bawah 6 bulan dan diberikan ASI eksklusif, maka bagi Anda, para ibu muda bisa langsung menyusui saat di kecil menangis karena lapar. Namun, ketika sudah diatas 6 bulan, Anda perlu untuk mengetahui jadwal MPASI bayi 7 bulan yang tepat. Inilah beberapa tips mudah yang bisa Anda coba.

 

      1. Berikan Perhatian pada Kegiatan Bayi

 

Anda mungkin akan menemui kesulitan jika ingin memaksakan jadwal makan bagi bayi usia 7 bulan sesuai keinginan. Sehingga, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah menyusun jadwal sesuai dengan kegiatan si kecil.

 

Berikan perhatian penuh kapan buah hati beraktivitas, rewel, atau tidur. Coba Anda kenali tanda-tanda buah hati Anda lapar dengan memperhatikan waktu menyusui. Dari sinilah Anda bisa mulai untuk membuat jadwal makan yang sesuai dengan kesehariannya.

 

      2. Buat Jadwal untuk Makan Berat

 

Seperti halnya orang dewasa, Anda harus memberikan MPASI sebanyak tiga kali sehari sebagai makanan utama. Menu tersebut berisi nutrisi lengkap dan porsi ideal. Anda bisa memberikan makanan berat seperti nasi tim, puree, atau bubur. Usahakan agar jadwal makan tersebut bisa sesuai dengan jadwal makan untuk orang dewasa secara umum.

 

      3. Sediakan Jadwal untuk Camilan

 

Selain pembuatan jadwal pemberian makanan utama berupa MPASI, sebaiknya Anda juga sediakan jadwal untuk makan camilan. Secara umum, bayi diberikan camilan sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari.

 

Buat jadwal camilan di sela pemberian makanan utama. Sebagai contoh, jika jadwal makanan utama ada pada jam delapan pagi, satu siang, atau lima sore, maka pemberian jadwal dibuat pada jam sepuluh pagi, tiga sore, serta tujuh malam.

 

Fungsi dari pemberian camilan supaya kesehatan lambung bayi tidak terganggu. Selain itu, meski telah diberikan makanan utama sebanyak tiga kali sehari, bayi juga masih sering merasa lapar.

 

Demikian tips mudah untuk membuat jadwal MPASI bayi 7 bulan yang bisa Anda lakukan. Tahap awal menyesuaikan jadwal makan buah hati Anda memang tidak mudah. Lakukan tips diatas supaya Anda bisa melakukan kegiatan yang masih baru ini dengan baik. Sehingga, kebutuhan makan si kecil bisa terpenuhi sesuai dengan angka kecukupan gizi.