Minggu, 21 November 2021

Yuk Upgrade Aplikasi E Faktur ke versi 3.0

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat segala aktivitas masyarakat lebih mudah. Saat ini transaksi pembelian maupun penjualan serta pembayaran dapat dilakukan secara online. Ini juga diterapkan pada beberapa pelayanan masyarakat guna mempermudah akses masyarakat untuk menikmati layanan tersebut. Salah satunya yaitu layanan Melalui aplikasi e faktur.

 


Tentunya ada beberapa hal yang melatarbelakangi Direktorat Jenderal Pajak meluncurkan sebuah aplikasi tersebut. Selain merupakan bentuk dari usaha memaksimalkan pelayanan namun ada beberapa juga yang mendasari DJP membuat sistem ini yaitu :


1. Adanya faktur nomor ganda


Hal ini dikarenakan sistem administrasinya buruk, yang mana dalam penomoran faktur tidak terkontrol dengan baik sehingga timbulnya nomor faktur ganda tersebut


Kedua dikarenakan adanya pembatalan tetapi lawan transaksi telah terlanjur menggunakannya sebagai pajak masukan.


2  Adanya Faktur Fiktif


Faktur ini yaitu faktur pajak yang diterbitkan tidak berdasarkan transaksi yang sesungguhnya atau faktur pajak yang hanya diterbitkan oleh pengusaha yang belum dikukuhkan sebagai pengusaha kena pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak.


Dua hal tersebut yang biasa sering kita temu ih di dunia perpajakan. Dengan adanya aplikasi e-faktur ini diharapkan mampu meminimalisir adanya faktur pajak fiktif ataupun faktur pajak penomoran ganda.


DJP terus mengembangkan aplikasi pelayanan perpajakan dan telah merilis sistem e faktur 3.0. Sistem ini memiliki fitur yang lebih lengkap. Dengan aplikasi ini PKP dapat melakukan pembuatan surat pemberitahuan (SPT) Masa pajak tambahan secara otomatis. Dengan begitu membuat Faktur Pajak dan melaporkan SPT Masa PPN dapat dilakukan hanya menggunakan satu aplikasi saja yakni e-Faktur 3.0. Dengan adanya aplikasi ini pelaporan SPT masa PPN tidak menggunakan aplikasi e-filing lagi, melainkan cukup menggunakan satu aplikasi yaitu aplikasi e faktur 3.0


Bagi para pengusaha Kena Pajak (PKP) yang telah dikukuhkan oleh DJP tentunya wajib mengetahui tentang pembaruan sistem efaktur versi 3.0. Aplikasi versi terbaru tersebut diluncurkan pada tanggal 20 Oktober 2020 lalu. Untuk melakukan pembaharuan sistem tentu PKP harus update menginstal aplikasi e faktur pajak versi 3.0 pada perangkat elektronik nya seperti komputer.


Selain itu, update sistem juga diharuskan terhadap mitra resmi DJP yaitu Penyedia Jasa Aplikasi Pajak.


Syarat menggunakan aplikasi ini :


Pengusaha Kena Pajak wajib telah dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Itu menandakan bahwa PKP tersebut telah terdaftar dalam DJP dan mempunyai sertifikat Elektronik. Dua hal tersebut merupakan syarat dasar bagi setiap PKP untuk menggunakan aplikasi ini. Selain itu, tentunya PKP harus memperbarui sistem efakturnya.


Apabila PKP masih menggunakan e-faktur client Dekstop tetapi tidak mengupdate sistem yang terbaru, maka PKP tidak dapat menggunakan aplikasi efaktur 3.0 ini.


Namun, jika Anda tidak ingin mengupdate sistem tersebut, anda dapat menggunakan layanan penyedia jasa aplikasi pajak yaitu melalui klikpajak. Penyedia jasa aplikasi pajak klikpajak ini merupakan mitra resmi dari Direktorat Jenderal Pajak. Dengan menggunakan layanan jasa aplikasi tersebut, Anda tidak perlu khawatir mengenai pengarsipan data.


Klikpajak sebagai penyedia jasa aplikasi perpajakan yang ditunjuk oleh DJP memiliki kewenangan untuk memproses permintaan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) dan Sobat Klikpajak dapat memperoleh Surat Pemberitahuan PPN sesuai data yang diunggah ke DJP.


Sebagai Mitra resmi yang ditunjuk oleh DJP, pajak yang merupakan penyedia jasa aplikasi perpajakan memiliki kewenangan. Salah satunya yaitu pajak memiliki kewenangan untuk memproses permintaan NSFP ( nomor seri faktur pajak). Selain itu pengguna klikpajak juga mendapatkan surat pemberitahuan PPN sesuai dengan data yang di upload ke DJP.


Selain itu melalui aplikasi e faktur  klikpajak, dapat membantu anda dalam membuat faktur mulai dari faktur masukan pengeluaran hingga faktur pajak retur.


Demikian artikel singkat mengenai aplikasi e-faktur. Secara umum adanya aplikasi ini sangat membantu para pengusaha kena pajak dalam mengurus pembuatan segala jenis faktur cukup tinggal melalui online saja. Sehingga tidak perlu repot datang ke kantor pelayanan pajak untuk mengurus dan membuat berbagai macam jenis faktur yang dibutuhkan tersebut. Hal ini dikarenakan dengan metode aplikasi secara online tersebut diakses dan dilakukan dimana saja.