Rabu, 02 Desember 2020

Penyebab Cedera ACL

ACL atau Anterior CruciatedLigamen adalah pita serat di tengah sendi yang menghubungkan tulang pangkal bawah hingga ke lutut. Cedera ACL adalah kondisiterjadinya robekan pada jaringan ikat di lutut. Fungsi dari ACL sendiri adalah menjaga lutut saat bergerak agar berada di posisi stabil.

Apa Penyebab Cedera ACL

 

Kecelakaan pada ACL bisa terjadi karena besarnya tenaga pada bagian lutut, sehingga menyebabkan cedera. Cedera pada ACL ini sering sekali terjadi ketika lutut dalam kondisi bengkok saat mendarat atau melompat. Hal ini akan menimbulkan rasa ngilu pada persendian dan sulit untuk digerakkan dan sulit berjalan.

 

Gejala Cedera ACL

 

Gejala yang ditimbulkan akibat cedera ACL di antaranya adalah pembengkakan dan nyeri di lutut, susah digerakkan dan pelemahan bagian lutut, sehingga sulit berjalan. Jika mengalami gejala tersebut tentu saja harus segera periksa dan konsultasi ke dokter ahli, sehingga rasa sakit yang luar biasa dapat segera ditangani. Pemulihannya pun tergantung pada kondisi dan tingkat kesakitannya, parah ato tidak.

 

Perawatan Cedera ACL

 

Adapun perawatan untuk penderita Cedera ACL adalah sebagai berikut:

  • Istirahat dari aktivitas yang menimbulkan rasa sakit.
  • Kompres dengan es batu pada bagian lutut yang sakit.
  • Cedera ACL bisa dibalut perban untuk membuat lututrelileks yang disebabkan tekanan lembut dari likitan perban.
  • Usahakan lutut berada di posisi yang tinggi, misalnya digantung. Hal ini untuk membantu peredaran cairan di lutut.

Meski begitu cedera ACL ini sulit untuk sembuh sendiri, hal ini dapat terjadi bila gerak lutut berlebihan, sehingga lutut kurang istirahat. Jika gejala yang ditimbulkannya semakin berat, jalan terbaik adalah dengan operasi pembuatan legiman baru. Operasi ini akan dilakukan dengan mengambil bagian tubuh lain atau disebut pencangkokan.

 

Setelah melakukan operasi pencangkokan diharapkan penderita bisa beristirahat total dari rutinitas yang bertumpu pada lutut, seperti olah raga. Selain dengan operasi dan obat-obatan yang diresepkan dari dokter, maka bisa juga dilakukan terapi fisik. Terapinya cukup dilakukan peregangan, sehingga diharapkan dapat memberikan keseimbangan pada lutut.

 

Agar terhindar dari cedera ACL tersebut bisa dilakukan langkah sebagai berikut, menekuk panggul dan lutut, agar tidak dalam posisi lurus. Lakukan peregangan setiap kali beraktivitas, sebelum dan sesudah latihan atau berolahraga. Sehingga kemungkinan untuk cedera sangat kecil jika dilakukan pencegahan sejak dini .

 

Pertahankan cara tersebut untuk mengurangi resikocedera ACL pada lutut kaki, sehingga bisa terus beraktifitas. Demikian ulasan kali ini, jaga terus lutut dan lakukan peregangan sebelum dan sesudah latihan atau berolahraga. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu referensi ketika mengalami cedera pada legimanatau ingin melakukan pencegahan.