Rabu, 15 Juli 2020

Hemat Kantong! Lakukan Tips Memilih Pipa Air Supaya Awet

Ketika seseorang hendak membangun sebuah rumah, maka tidak lepas dari yang namanya saluran air. Saluran air memiliki peran penting suntuk sanitasi rumah karena harus ada saluran pembuangan dan juga air bersih. Oleh karenanya harus begitu jeli dalam pemilihan pipa air. simak tips memilih pipa air berikut ini


Mengenali Jenis Pipa yang Dibutuhkan

Ada banyak sekali jenis pipa air mulai dari pipa yang memiliki diameter kecil sampai besar. Begitu juga dengan ketebalan dan tekanan pipa. Oleh karenanya anda harus mengenal jenis pipa terlebih dahulu. 

Misalkan saja pipa HDPE. Pipa yang satu ini termasuk jenis pipa yang lentur, kuat dan tidak mudah korosi. Untuk keawetan pipa HDPE dapat mencapai 50 tahun bahkan lebih jika penggunaannya dalam skala normal. biasanya pipa HDPE digunakan untuk berbagai proyek air bersih berskala besar.

Selanjutnya adalah pipa PVC. Tidak seperti pipa HDPE yang lentur, PVC justru kaku dan keras. Hal tersebut karena PVC terbuat dari plastic Poly Vinyl Chloride. Pipa PVC umumnya dikenal sebagai paralon. Pipa PVC paling banyak digunakan perumahan untuk dipasangkan pada saluran pembuangan dan juga saluran air bersih.

Baik pipa PVC dan juga HDPE sudah sangat jelas penggunaanya, bukan? Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam pemilihan jenis pipa.

Pastikan Kelenturan dan Kekuatan Pipa

Jika pipa lentur maka daya tekanan dari pipa tersebut cukup tinggi. Kelenturan pipa sangat berpengaruh dari kegunaan pipa sendiri. Contoh saja untuk saluran pembuangan. Anda membutuhkan pipa yang memiliki ketahanan tinggi agar tidak mudah pecah ataupun jebol.

Jeli dalam memilih pipa air dapat mengurangi biaya pemasangan pipa baru nantinya, dan meminimalisir kerusakan pipa air di kemudian hari.

Cermat Dalam Memilih Jenis dan Ukuran Pipa

Selain jenis pipa, ukuran pipa juga berpengaruh besar dalam kelancaran saluran air anda. Ada berbagai jenis ukuran pipa air, mulai dari yang paling kecil sekitar setengah inchi sampai lima inchi bahkan lebih. 

Pemasangan pipa air harus sesuai bentuk ukuran. Missal saja pipa pembuangan yang mengharuskan memiliki tekanan kuat dan saluran yang besar maka bisa menggunakan pipa PVC yang memiliki diameter sebesar tiga inchi. 

Jika penggunaan pipa hanya untuk kebutuhan rumah disarankan menggunakan pipa PVC yang bertipe D atau AW karena memiliki ketahanan yang cukup besar. Apakah bisa menggunakan pipa yang tipis? Tentu saja bisa namun tidak disarankan untuk pemasangan di saluran air yang memiliki tekanan diatas 4kg/cm2 karena akan sudah pecah dan mengeluarkan biaya tambahan.

Ada baiknya anda gunakan pipa air Rucika yang sudah terbukti awet dan tahan lama dalam untuk pemasangan pipa di rumah. Bentuk dan ukurannya juga berbagai macam sehingga mudah dipilih sesuai kebutuhan. 

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html