Jumat, 24 Juli 2020

Masih Muda? Sudah Mulai Investasi?


kenapa kita harus memulai investasi sejak usia muda

Hai selamat datang lagi di blog manusia gabut, jadi mulai hari ini aku mau bikin postingan - postingan baru. Pastinya kalian sudah tahu kontennya tentang apa kan? Yup bener banget, jadi baru - baru ini aku mulai belajar mengenai investasi online ya meskipun nominalnya masih sedikit. Nah di postingan pertama ini aku mau mulai dulu kenapa sih kita - kita yang masih muda ini harus mulai melek finansial dan mulai investasi tentu saja. Nah series artikel ini aku namakan Investasi Ala Manusia Gabut.

Pada intinya kenapa kita sebagai anak muda harus mulai melek finansial adalah untuk mempersiapkan masa tua yang tenang untuk diri kita sendiri. Okelah mungkin menurut kalian alasan ini masih abstrak, tapi coba deh kalian pikirkan lagi apakah kalian sudah memiliki persiapan dana untuk menikah? apakah kalian sudah siap untuk membeli rumah/tempat tinggal? apakah kalian sudah mempersiapkan dana untuk pendidikan anak - anak kalian nanti? dan yang terakhir khusus untuk kita yang jauh dari kaum - kaum aparatur negara, apakah kalian sudah mempersiapkan dana pensiun kalian di hari tua?

Jika sebagian besar pertanyaan itu masih kalian jawab dengan "belum" maka mulailah investasikan uangmu. Ingat, investasi bukan berarti kalian tidak menikmati hidup di masa muda karena ini lah stereotip yang terlanjur berkembang di masyarakat kita.

Tapi coba kita balik persepsinya ya, misalkan kita sudah rutin mendapatkan penghasilan di awal bulan. Nah di waktu yang sama juga kalian anggarkan uang kalian itu let's say 5% (terserah atau seiklas kalian) untuk investasi. Nah sisanya baru kalian gunakan untuk kepentingan kalian yang lainnya, memang pada awalnya akan terasa berat untuk merelakan uang ini ya tapi lama - kelamaan kalian akan terbiasa kok, percayalah.

Apakah sekarang sedang memikirkan gimana caranya tahu pengeluarannya berapa? Well, satu - satunya cara ya nge-list pemasukan dan pengeluaran kalian secara rutin. Sebenarnya sangat penting loh mencatat pemasukan dan pengeluaran kalian biar tahu gimana cashflow bulanan kalian apakah masih sehat atau sudah sakit atau bahkan sekarat. Tapi diingat lagi ya, cashflow itu ngga cuma dicatat, tapi dievaluasi juga biar bisa menentukan pengeluaran mana yang tidak terlalu penting dan bisa kalian tekan, disana kalian akan sadar kok apa yang terlalu sering kalian beli padahal tidak terlalu perlu misalnya beli boba 2 hari sekali atau ngga nongki - nongki lucu tiap hari gitu ye kan.

Nah biar kalian bisa lebih yakin lagi untuk memulai investasi, aku bakal ngasih 5 alasan kenapa kita sebagai anak muda harus mulai investasi sejak dini.

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Investasi

  1. Produk Jangka Panjang

    investasi usia muda

    Sebagai catatan awal, investasi itu bukanlah produk keuangan yang bisa kalian andalkan dalam waktu singkat (jangka pendek). Investasi sendiri hasilnya akan lebih terasa pada jangka waktu yang lebih panjang setidaknya lebih dari satu tahun, dan itupun tergantung dari berapa uang yang kalian anggarkan untuk investasi itu sendiri. Intinya semakin banyak alokasi kalian maka semakin besar pula profit yang mungkin didapatkan. Nah disinilah pentingnya kalian harus memiliki pemasukan aktif atau kesibukan lainnya agar kalian tidak selalu ngecek profit tiap hari, ini mah endingnya bakalan bikin kalian stress sendiri.

  2. Memenuhi Tujuan Keuangan Kamu

    investasi usia muda

    Pernah ngga sih kalian punya keinginan untuk membeli sesuatu tapi uangnya belum sampai? Selama ini bagaimana cara kalian untuk mengumpulkan uang itu? apakah kalian tabung dengan cara "kuno" seperti celengan atau sejenisnya? atau kalian tabung di bank?

    Sebenarnya ada metode lain yang bisa kalian gunakan, yaitu investasi itu sendiri. Namun kalian harus jeli memilih jenis investasi yang sesuai, saranku sih jenis investasi yang returnnya pasti atau kemungkinan besar positif seperti pasar uang (deposito) atau obligasi, atau reksadana yang biasanya bisa mengcover keduanya. Penjelasan lebih lengkapnya nanti ya :)

    Selain untuk memenuhi keinginan kita pada sesuatu, tujuan keuangan disini dapat juga diartikan sebagai hal lain misalnya untuk persiapan dana pendidikan anak kalian nantinya, dana untuk memulai bisnis lain, membeli rumah ataupun keperluan per-duit-an lainnya. Kalau ada yang bertanya kenapa aku lebih menyarankan kalian untuk investasi daripada sekadar menabung di bank, jawabannya simple kok, bunga bank itu kecil banget. Coba deh kalian cek di daftar mutasi rekening bulanan kalian trus lihat berapa bunga yang diberikan dan berapa potongan yang kalian terima mulai dari potongan tabungannya, serta potongan kartu debit yang kalian gunakan. Biasanya bunga tabungan itu sangat - sangat kecil apalagi untuk duit yang ngga seberapa.

  3. Passive Income (Penghasilan Pasif)

    investasi usia muda

    Pernah mendengar istilah passive income? atau istilah biarkan uangmu yang bekerja? Nah inilah salah satu realisasi dari kedua istilah itu. Tapi jangan berpikir bahwa uangmu benar - benar bisa bekerja sendiri dan penghasilanmu benar - benar tanpa effort ya. Setidaknya kalian pasti memerlukan effort terutama di awal kalian memulainya, harus melakukan research, memilih jenis investasi yang cocok dengan profil risiko kalian, dan masih banyak effort yang harus dilakukan. Namun sekali kalian sudah memahaminya, percayalah nantinya pasti akan berbuah manis.

    Setelah kalian menguasai konsep - konsep investasi yang sesuai dengan profil kalian, disana lah istilah passive income ini benar - benar terjadi. Kalian hanya tinggal menabung/top up portofolio investasi secara rutin (jika kalian berinvestasi pada produk keuangan atau pasar modal) kalau kalian berinvestasi pada media lain misalnya properti maka kalian tinggal menunggu saja hasil profitnya.

  4. Persiapan Dana Hari Tua

    dana pensiun

    Sebagian dari kita mungkin pernah berpikir atau sekadar membayangkan gimana nanti kehidupan kita di usia senja, mungkin ada yang sudah cukup tenang karena nantinya pasti mendapatkan dana pensiun dari tempatnya bekerja (kebanyakan aparatur negara). Masalahnya kebanyakan dari kita tidak mendapatkan profit itu, dan pastinya kita punya ego sendiri yang ngga mau terlalu merepotkan anak - anak kita nanti kan? Hayo bener ngga?

    Nah kalo kalian memiliki pemikiran yang sama seperti itu, well maka kalian wajib hukumnya untuk memulai investasi sejak dini agar nanti saat kalian sudah tua tidak menyesali hal kecil ini. Karena seperti yang sudah aku bilang tadi, investasi itu akan lebih efektif dan terasa profitnya dalam jangka waktu yang lama.

  5. Banyak Pilihannya

    Nah setelah semua alasan di atas, pasti kalian berpikir investasi yang aku maksud disini tuh apaan. Sebenarnya ada banyak jenis investasi yang bisa kalian gunakan mulai dari yang paling kuno seperti emas, properti, hingga produk investasi dari pasar modal seperti saham, reksa dana, dan teman - temannya.

    Namun untuk kita kaum - kaum yang penghasilannya belum terlalu banyak, mungkin investasi jenis properti belum terlalu cocok karena pasti memerlukan modal yang cukup banyak. Saranku sih antara reksa dana atau saham, tapi untuk pemula yang baru mau memulai investasi lebih disarankan memulai dari reksa dana agar dapat mengetahui profil risiko investasi (tingkat keberanian kita menerima kemungkinan risiko) masing - masing.

Gimana sudah merasa sedikit tercerahkan? satu lagi sebagai catatan apabila kalian masih berpikir bahwa investasi itu hanya untuk orang - orang yang berduit banyak atau berpenghasilan besar, tolong dihilangkan ya mulai sekarang. Investasi itu bukan masalah banyak atau sedikitnya penghasilan kita, tapi masalah seberapa rutin kita mengalokasikan uang dan seberapa serius minat dalam melakukannya.

Oke sekian dulu ya untuk artikel kenapa harus memulai investasi dari usia muda. Di artikel berikutnya aku bakal ngebahas jenis - jenis investasi, platform yang bisa digunakan, dan hal - hal menarik lainnya. Jangan lupa ikuti terus artikel investasi dari manusia gabut ya :) salam cuan usia muda guys!!!


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html