Sabtu, 25 Juli 2020

Apakah Harga Emas Selalu Naik?


harga emas selalu naik

Selamat datang kembali di blog manusia gabut, semoga masih sehat semua yah. Terima kasih buat kalian yang masih mau membaca artikel Investasi Ala Manusia Gabut tentang investasi di masa muda dari blog manusia gabut ini. Nah jadi setelah sebelumnya di artikel pertama aku ngebahas 5 alasan kenapa harus mulai investasi dari usia muda. Sekarang aku mau ngebahas investasi yang sangat lazim, sudah ada sejak zaman dulu kala dan mungkin orang tua kalian juga ada yang memilih jenis investasi ini. Ya, tidak lain dan tidak bukan, dia adalah investasi emas. Sebagai catatan awal, emas yang aku maksud disini adalah emas batangan ya, bukan dalam bentuk perhiasan.

Gimana cara kerjanya?

Jawabannya cuman 2 kata "Capital Gain" yang artinya ya kenaikan harga. Jadi singkat cerita, si emas yang misalnya kalian beli 10 atau mungkin 20 tahun lalu itu sampai saat ini masih emas yang sama (ngga bisa membelah diri), emas yang diam, emas yang cuman duduk lucu aja gitu. Beda ceritanya dengan investasi yang lain kaya misalnya saham yang bisa aja emitennya melakukan stock split, yang intinya jumlah kepemilikan kalian bisa bertambah gitu {akan dijelasin di artikel lain ya :)}

Nah keuntungan yang kita dapatkan dari investasi emas ini ya hanya dari sisi kenaikan harga aja, makanya semakin lama kalian nyimpen si emas ini maka kemungkinan keuntungan yang kalian dapatkan juga semakin besar.

Harga emas selalu naik?

Well, mungkin kalian sering mendengar ini kan? sebenarnya ngga gitu juga sih. Sama seperti model investasi lainnya nilai emas sebenarnya juga fluktuatif, kadang bisa turun kadang juga bisa terbang tinggi. Nah pasti muncul pertanyaan lalu kenapa kadang pas harga saham turun tapi harga emas masih terus naik? Jawabannya ya karena penentu harganya berbeda, dari sekian banyak faktor yang menentukan fluktuasi harga emas global, aku rangkum jadi 4 aja yang kayanya paling berpengaruh.
  1. Istilah Safe Heaven

    Sebenarnya ini bisa dibilang keunggulan emas sih, bukan penentu perubahan harga. Jadi si emas ini meskipun misalnya (amit - amit) terjadi krisis, resesi, perang, pandemi atau teman - temannya yang membuat pasar hancur, harga emas tetap bisa naik sendiri. Ya emang hebat sih si emas ini meskipun sudah ada dari jaman baheula.
  2. Korelasi Negatif dengan Kurs USD

    Ini sih alasan yang paling kuat kenapa mesti investasi emas juga sebagai diversifikasi porofolio kita ya. Karena hubungan berbanding terbaliknya dengan mata uang Amerika atau USD, misalnya harga USD terhadap rupiah naik maka otomatis pasar kita melemah yang akibatnya pasti saham - saham bakal hancur (sudah terbukti kok dari dulu - dulu, coba deh kalian cari sendiri) nah tapi berbeda dengan si emas ini karena dia emang unik maka harganya dia malah naik pada kondisi ini.
  3. Kebijakan Suku Bungan Bank Sentral

    Kalau di Indonesia itu bank sentral yang dimaksud seperti Bank Indonesia ya, bukan Bank BCA. Nah kalo di luar sana namanya Federal Reserve. Nah bank ini tuh punya wewenang untuk menentukan suku bunga acuan dari bank - bank lain di negara tersebut. Kalau seandainya karena kondisi tertentu suku bunga bank itu diturunkan, baik suku bunga pinjaman maupun simpanan maka orang - orang pasti cenderung menghindari menyimpan uangnya di bank karena bunganya yang turun tadi, nah disinilah orang - orang akan cenderung membeli emas dan alhasil boom harga emas pasti akan naik lagi.
  4. Inflasi

    Ya mungkin kata ini sudah ngga asing lagi ya, terlebih setelah pandemi menyerang dunia dan ancaman inflasi itu sendiri makin menjadi - jadi. Sebenarnya ini sedikit berkaitan dengan alasan ke-3 karena penurunan suku bunga bank yang drastis itu kebanyakan terjadi pada saat inflasi. Mungkin memang terdengar sedikit jahat ya sama negara sendiri, soalnya kalo inflasi orang - orang yang punya emas pasti seneng hehehe.

ini ada bukti lagi kalo sebenarnya harga emas itu tidak selalu naik ya

harga emas

Nah grafik di atas itu menunjukan perubahan harga emas dari akhir tahun 2011 sampai akhir 2015, yang awalnya berharga 1.900 USD/Ons dan berakhir di harga 1.000 USD/Ons dengan kata lain dapat dikatakan turun 45%. Gimana? masih percaya harga emas selalu naik?

Mungkin sekian dulu yang untuk artikel investasi emas yang pertama ini. Setelah membahas isu yang bilang harga emas selalu naik di artikel ini, selanjutnya aku akan bahas hal - hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli emas. Stay tuned ya guys Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa share artikel ini ke teman - teman kalian ya :)


0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html