Senin, 15 Juli 2019

Ingin Melahirkan Secara Normal? Berikut Tips yang Perlu Bunda Ketahui

Tips melahirkan secara normal, tips melahirkan normal


Ingin Melahirkan Secara Normal? Berikut Tips yang Perlu Bunda Ketahui. Pastinya setiap wanita hamil di dunia ini ingin melahirkan bayinya secara normal. Yakni melahirkan secara pervaginam tanpa harus dibedah (caesar). Lalu bagaimana cara untuk bisa melahirkan secara normal itu? Yang pastinya Bunda harus pertimbangkan dengan baik sebelum mengambil keputusan untuk melahirkan normal.

Pertimbangan Sebelum Melahirkan Normal

Sebenarnya cara melahirkan normal maupun caesar, memiliki kelebihan serta kekuranganya masing-masing. Namun, jika Bunda ingin melahirkan secara pervaginam, maka Bunda harus siapkan diri baik fisik maupun mental dan buat perencanaan yang matang terlebih dahulu. Nah, untuk mendukung hal ini, ada beberapa faktor yang harus Bunda perhatikan.

Pertama, Pastikan Kehamilan Bunda Tidak Mengalami Kelainan. 

Dalam hal ini, kondisi kesehatan Bunda serta janin harus menjadi pertimbangan utama saat memilih untuk melahirkan secara normal. Oleh karena itu, pastikan kehamilan Bunda tidak mengalami kelainan-kelainan yang bisa membahayakan diri Bunda maupun si jabang bayi. Untuk mengetahui hal tersebut, Bunda sebaiknya selalu memeriksakan kehamilan Bunda ke dokter secara rutin. Hal ini dilakukan untuk memonitor kesehatan serta mengantisipasi kemungkinan terjadinya komplikasi.

Kedua, Melahirkan Secara Normal itu Membutuhkan Motivasi yang Kuat. 

Melahirkan secara normal juga butuh motivasi yang kuat lho. Maka dari itu, buatlah diri Bunda tetap termotivasi dengan cara terus mengingat bahwa banyak kelebihan dari melahirkan secara normal. Dan memang terbukti melahirkan secara normal ini memiliki banyak kelebihan, seperti Bunda akan lebih cepat pulih pasca persalinan, terhindar dari stres serta resiko komplikasi akibat dari efek pembedahan dan pengaruh obat-obatan. Bukan hanya itu, dengan melahirkan secara normal juga akan lebih menghemat biaya, karena memang biaya melahirkan secara normal jauh lebih murah dibandingkan caesar. Selain itu, melahirkan secara normal juga memungkinkan dan lebih memudahkan Bunda untuk bisa langsung IMD dan menyusui pasca melahirkan.

Ketiga, Ketahui Adanya Risiko Komplikasi pada Persalinan Normal

Walau memiliki banyak kelebihan tapi Bunda tetap perlu ketahui bahwa risiko mengalami komplikasi pada persalinan yang dilakukan secara normal tetap ada. Komplikasi ini bisa terjadi disebabkan oleh berbagai faktor, seperti posisi janin sungsang, ibu yang tidak didampingi oleh tenaga ahli, dan persiapan peralatan medis yang tidak memadai sebagai perlengkapan untuk jaga-jaga jika terjadi keadaan yang genting. Risiko dari komplikasi ini misalnya persalinan memanjang (tidak maju), bayi terilit tali pusat, dan tali pusat menumbung. Setidaknya dengan mengetahui risiko tersebut, Bunda tidak akan kecewa berlebihan jika pada akhirnya Bunda harus melahirkan di meja operasi setelah sebelumnya berjuang untuk melahirkan secara normal.

Menentukan Tempat Persalinan

Selanjutnya, setelah memutuskan untuk memilih melahirkan secara normal, pertimbangan lain yang perlu Bunda perhatikan adalah saat memilih tempat persalinan. Ini juga penting banget ya, Bund. Kalau pengalaman saya , sempat berencana untuk melahirkan secara caesar karena kondisi mata saya yang mines, tapi qadarullaah ketemu dengan tempat persalinan dan juga dokter yang pro normal, akhirnya saya bisa melahirkan secara normal. Ya, bukan tidak mungkin keputusan Bunda untuk melahirkan secara normal terhalang hanya karena memilih tempat persalinan yang kurang mendukung persalinan normal, jadi jangan abaikan poin penting ini.
Nah, berikut hal-hal yang harus Bunda perhatikan dalam memilih tempat persalinan termasuk lokasinya ;
  • Sebelum memilih tempat persalinan, sebaiknya Bunda pelajari dahulu klinik atau rumah sakit bersalin tersebut. Dalam hal ini, pastikan tempat persalinan tersebut memiliki tenaga medis yang mumpuni serta peralatan medis yang lengkap. Selain itu, pilihlah tempat persalinan yang bisa mendukung Bunda dalam melahirkan secara normal
  • Cari informasi tempat persalinan yang dekat dengan rumah. Jika ada tempat persalinan yang jaraknya dekat dengan rumah Bunda dengan fasilitas yang memadai, maka sebaiknya pilihlah tempat persalinan tersebut. Karena klinik bersalin yang lebih dekat dengan rumah tentunya akan lebih memudahkan Bunda jika sewaktu-waktu tiba saatnya untuk melahirkan.
Itulah beberapa tips melahirkan secara normal yang perlu Bunda ketahui. Namun bila kondisi tak memungkinkan Bunda untuk menjalani persalinan normal, tak perlu berkecil hati, karena pada dasarnya baik melahirkan secara pervaginam maupun caesar sama-sama berat perjuangannya. Intinya sih yang penting ibu dan si bayi bisa selamat. Oke, semoga persalinan yang Bunda harapkan berjalan lancar ya.

Salam,

@siskadwyta

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html