Minggu, 23 Juni 2019

5 Cara Awal Agar Blog Cepat Terindex Google, Bing dan Duckduckgo




Hai, smart people, banyak dari teman-teman blogger yang menanyakan, bagaimana ya, biar blog saya bisa cepet terindex google, bing dan duckducgo? Permasalahan ini akan jadi dilema para blogger awal, yang pertamanya udah semangat buat daftar Blog, Eh tidak tahunya sudah stuck di awal saat mau mengembangkan blognya.


Mari dimari, saya akan berikan sedikit trik dan tips yang pernah saya terapkan, banyak cara agar blog bisa terindex google, bing, yahoo dan duckduckgo, permasalahnnya di sini adalah teman-teman belum memahami Teknik SEO dan Teknik Webmaster itu seperti apa. Sebagai SEO Specialist harus jauh lebih paham tentang website, apalagi website tersebt harus dikasakan agar di crwling oleh mesin pencari, hal ini adalah suatu kewajiban yang sangat mendasar yaa teman-teman. Berikut adalah cara yang akan saya gunakan agar blog cepat terindex Google, Bing dan Duckduckgo:

1   1. Verifikasi Blog di Google Search Console, Bing dan Duckduckgo
Pertama, setelah kalian membuat atau mendaftar Blog, hal yang wajib anda lakukan adalah melakukan pendaftaran ke Webmaster Google Search Console, dan ingat pada saat pendaftaran blog atau verifikasi blog harus menggunakan type HTTPS agar blog anda bisa Up di mesin pencari.
Baik, berikut adalah langkah yang harus teman-teman lakukan untuk mendaftarakan blog di Google Search Console dan Cara Verifikasinya:
a.    Anda pergi ke pengaturan Blog, lalu klik Search Preferences atau Preferensi Penelusuran – Klik Edit pada Google Search Console:




b.    Setelah masuk di Dasboard Google Search Console pastikan anda mendaftarkan blog dengan tampilan Awalan URL, lalu paste URL blog anda:


c.    Setelah itu Klik Terus, lalu Klik Buka Properti, lalu akan masuk pada tampilan berikut pada dasboard Google Search Console



d.    Daftarkan Blog di BING WEBMASTER
Masuk di Bing Webmaster https://www.bing.com/toolbox/webmaster lalu Klik SIGN IN. Pastikan harus sama dengan email pada Google Search Console.


e.    Sign in dengan Akun Google nanti akan diarakah pada email anda, dan gunakan email yang digunakan pada Google Search Console. Lalu paste URL Blog anda di Add a Site.


f.     Setelah dipaste makan tinggal Klik ADD, lalu masukan sitemap.xml di kolom Add a Sitemap, pilih Receive the Most Traffic All Day (default)
Lalu setting formulir sesuai dengan data-data pribadi anda, lalu klik SAVE.

g.    Langkah ini adalah melakukan Verifikasi Kode Bing Wenmaster ke dalam HTML Blog anda, untuk proses ini saya menggunakan Tag HTML saja pada Option 2



h.    Copy kode Tag HTML tersebut ke tema Blog anda pada Edit HMTL, teman-teman masuk dulu ke Blog dan Klik Tema, lalu Klik Edit HTML.  Sesudah itu paste kode bing tersebut di bawah tag <head>. Lalu Klik Save Tema.

i.      Lalu balik lagi ke dasboard Bing Webmaster, Klik Verify pada Option 2 Tag HTML tadi.


j.      Berikut tampilan Dasboard Bing Webmaster Anda, jika anda berhasil verifikasi owner.


k.    Daftarkan Blog di DUCKDUCKGO
Selanjutnya daftarkan Blog anda di DUCKDUCKGO Submit a New Bang https://duckduckgo.com/newbang lalu klik Submit a New Bang
Masukan Bang URL seperti ini
lalu klik SAVE.


2   2. Tambahkan Sitemap Blog di Google Search Console dan Bing
a.    Tambahkan sitemap.xml di Google Search Console. Masuk ke peta situs pada Google Search Console. Lalu tambahkan sitemap.xml dan klik Kirim.


Untuk peta situs pada Bing sudah dikirim pada waktu awal verifikasi, jadi tidak perlu tambahkan sitemap.xml lagi.


3   3. Aktifkan Robot.txt di Pengaturan Blog
Kembali lagi ke dasboard blog, lalu pilih pengaturan.settting dan klik search preferensi dan Klik Edit pada robot.txt. lalu aktifkan atau diubah ke enable.


4. Tautkan Blog Dengan Google Analytics
a.    Selanjutnya adalah tautkan blog anda dengan Goolge Analytics, bisa klik tautan di sini https://analytics.google.com/analytics/. Pastikan menggunakan email yang anda gunakan untuk verifikasi google search console dan bing webmaster.
Kalian tinggal isi aja formulir pada google analytics tersebut kalau sudah lengkap lalu klik Get Tracking ID.


b.    Ambil Tracking ID UA-142574403-1 pada pengaturan dasboard blog anda


c.    Paste kode tracking ID tersebut di pengaturan, Klik Other atau Lainnya cari paling bawah sendiri tulisan Google Analytic lalu Paste Kode tadi di Analytics Web Property ID. Lal klik SAVE SETTING.


     5. Inspeksi URL Blog di Google Search Console dan Bing Webmaster
Selanjutnya anda harus melakukan URL Inspeksi, URL submit Fetch as Bingboot
a.    Inspeksi URL di Google Search Console berikut langkahnya
Masuk dasboard Google Search Console, lalu pilih URL Inspeksi, paste URL Blog anda ke Kolom Search bagian atas lalu Enter.


Lalu klik Minta Pengindeksan setelah itu Klik OK dan Klik UJI URL aktif, seperti ini hasilnya.


b.    Selanjutnya Submit URL di Bing Fetch as Bingboot
Klik Fetch as Bingboot, lalu paste URL Blog dan Klik FETCH. Berikut hasilnya dari Fetch as Bingboot tersebut.


Sekian dari saya, tutorial yang cukup panjang dan mungkin anda membacanya sangat melelahkan sekali. Maafkan yaa, semoga berguna dan bahkan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html