Jumat, 08 Maret 2019

7 Teknologi Masa Depan Di Tahun 2020 - 2030

Comon Tech – Di masa depan kini (milenial) dalam perkembangan teknologi yag pesat. Memiliki pemikiran agar teknologi it uterus update dalam bidangnya nah di sini saya akan menjelaskan apa saja yang di keluarkan oleh para ilmiah dan perkembangan teknologi. Mari kita simak tentang  teknologi  masa depan. sekarang bisa teknologi sudah mengubah banyak hal dalam kehidupan. Ungkapan "The future is now" layak menggambarkan dunia saat ini sejak pesatnya era informasi dan teknologi. Kalau diperhatikann, teknologi baru sekarang diperkirakan hingga 10 tahun ke depan akan mengubah cara hidup kita di dunia ini.

7 Teknologi Masa Depan Di Tahun 2020 - 2030

Teknologi Masa Depan 

Saat ini seluruh teknologi baru tersebut masih terus dikembangkan dan diprediksi bakal jadi bagian dalam kehidupan di masa depan. Menurut survei yang dilakukan kepada lebih dari 800 eksekutif dan para ahli teknologi mengenai pandangan teknologi seperti apa yang bakal muncul dalam beberapa tahun ke depan, The World Economic Forum’s Global Agenda Council on the Future of Software & Society melaporkan sejumlah teknologi baru diprediksi akan hadir tahun 2020 dan mencapai puncaknya pada 2030. Berikut Viki rangkum, 7 teknologi luar biasa yang akan kita lihat hingga tahun 2030.

1. Robot
7 Teknologi Masa Depan Di Tahun 2020 - 2030
Saat ini teknologi robot mulai berkembang dengan pesat. Bahkan negara-negara yang telah maju dalam bidang teknologi seperti Jepang, Amerika, dan Rusia telah menghasilkan berbagai robot dengan berbagai bentuk dan kegunaan. Perkembangan robot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan berpotensi menyingkirkan posisi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pekerja kerah putih di sektor publik.

Selain itu, di bidang farmasi, profesi dokter dan perawat bisa terancam digantikan oleh robot. Karena saat ini udah muncul teknologi diagnosa penyakit seperti kanker paru-paru. Robot-robot itu juga dikhawatirkan bakal menyingkirkan pekerja manusia di bidang kesehatan pada tahun 2021.

2. Sensor
7 Teknologi Masa Depan Di Tahun 2020 - 2030
Kini, mulai berkembang teknologi sensor yang mengikuti perkembangan dari TheInternet of Things (IoT), konsep suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan. Adanya prediksi biaya sensor yang terus menurun. Sedangkan, kemampuan komputasi terus berkembang. Makanya, secara enggak langsung hampir seluruh perangkat akan ikut terhubung dengan internet. Mulai dari jalanan hingga pakaian, diprediksi bakal hadir dengan kemampuan online.

Setidaknya akan ada 1 triliun sensor yang terhubung dengan internet pada tahun 2022. Nantinya, hampir tiap perangkat fisik bakal dapat terkoneksi dengan teknologi komunikasi, dan tiap sensor dapat membantu manusia untuk meningkatkan kemampuan perangkat tersebut. Contohnya, kita dapat mengendalikan lampu dengan smartphone.

3. Medis


Selain teknologi robot dan sensor yang telah membantu manusia dalam dunia medis, teknologi printer 3D yang saat ini mulai berkembang juga akan merambah ke dunia medis. Salah satu masalah dalam dunia medis saat ini adalah ketidakcocokan organ dari para pendonor. Hadirnya printer 3D dalam dunia medis ini, organ manusia seperti jantung atau ginjal dapat dibuat dengan mudah.

Hal ini dapat memudahkan para dokter melakukan operasi di tubuh pasien. Nantinya, penggunaan printer 3D ini dapat membuat organ palsu. Misalnya, pasien yang kehilangan organ tubuhnya bisa mendapatkan alat bantuan palsu yang dirancang khusus untuk mereka. Teknologi ini diperkirakan akan hadir tahun 2024.

4. Internet


Dari hasil survei, 79% responden memprediksi pada tahun 2024, sebagian besar populasi dunia akan memiliki akses internet reguler. Keadaan itu enggak terlepas dari upaya perusahaan Google dan Facebook untuk menghubungkan 4 miliar orang tanpa akses internet.

Facebook memiliki program Internet.org dan didukung oleh pengguna drone untuk memancarkan internet ke Bumi melalui satelit. Sementara Google memiliki Project Loon yang memanfaatkan balon besar yang melayang di atmosfer untuk menghubungkan daerah-daerah seluruh dunia. Makanya, enggak heran kalau nantinya internet jadi hak dasar bagi kehidupan manusia layaknya kemunculan listrik pada jaman dahulu.

5. Implan Perangkat


Teknologi perangkat implant berupa chip yang tengah dikembangkan kini diprediksi bakal hadir pada tahun 2024. Menurut survei, sekitar 80% responden memprediksi tersedianya ponsel yang bisa diimplan pada tubuh manusia. Teknologi implan data membuat fungsi perangkat dapat dipastikan lebih akurat. Fungsi komunikasi pun disebut bakal lebih canggih dari teknologi saat ini. Komunikasi dengan perangkat enggak lagi menggunakan kata-kata, melainkan gelombang atau sinyal otak. Seperti telepati, tapi menggunakan teknologi.

Baca juga : 7 Aplikasi Penghasil Pulsa Gratis 100 % Work

Semakin canggih teknologi, perangkat yang diinovasikan justru ukurannya jadi semakin kecil. Perkembangan nanoteknologi jadi tanda kalau kita akan memasuki era teknologi seukuran nano. Enggak heran, nantinya apa yang tiap hari kita pergunakan seperti misalnya smartphone akan diimplan dibalik kulit kita.

6. Kendaraan Ride-Sharing



Perkembangan teknologi dalam sektor transportasi kini mulai dikembangkan. Didukung dengan kehadiran aplikasi mobile dan marketplace, konsep sharing-economy akan semakin besar. Kendaraan ride-sharing akan lebih diandalkan ketimbang kendaraan pribadi pada 2025. Melalui konsep tersebut akan berdampak sangat besar pada sektor transportasi. Seperti yang kita tau, adanya layanan transportasi online seperti Uber, Go-Car, dan GrabCar secara enggak langsung dapat mengubah cara pandang terhadap transportasi dan kepemilikan kendaraan.

7. Artificial Intelligence



Kecerdasan buatan atau dikenal dengan Artificial Intelligence (AI) kini telah berkembang pesat. AI dapat memperbaiki kesalahan karena memiliki kemampuan untuk mempelajari data yang diterima dan dianalisis. Adanya algoritma khusus, membuat semakin banyak data yang dianalisis maka semakin hebat dalam memprediksi.

Kalau kamu perhatikan, AI ini udah ada saat kemunculan perusahaan Google. Sadar enggak? AI ini udah digunakan secara luas, misalnya ramalan cuaca, prediksi di mesin pencari, aplikasi pencari rute perjalanan seperti Waze, dan sebagainya. Teknologi Artificial Intelligence sangat membantu pekerjaan manusia. Manfaatnya sudah sering kita rasakan. Para ahli teknologi yakin bahwa teknologi AI akan merambah ke perusahaan-perusahaan pada tahun 2026.


Perkembangan teknologi memberi manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Di samping itu, ada juga efek negatif yang enggak bisa dihindari. Adanya teknologi canggih di masa depan, semoga enggak membuat manusia melupakan keadaan sekitar.

Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, membuat gaya hidup dan perilaku masyarakat pun berubah dengan sangat cepat. Masyarakat yang dahulu hanya bisa membeli barang dan tiket pesawat secara offline, kini telah terbiasa membelinya secara online. Memesan kendaraan dan melakukan transfer uang kini juga bisa dilakukan dengan cepat lewat smartphone.

Karena itu tak heran bila sekarang sudah ada empat startup tanah air yang berhasil meraih predikat unicorn (mempunyai valuasi di atas Rp14 triliun), hanya dalam waktu beberapa tahun.

Baca Juga : Mengenal Black Hat SEO dan White Hat SEO

Namun sayangnya, hal ini ternyata tidak diikuti oleh para perusahaan konvensional yang sebenarnya telah cukup berpengalaman menjalankan bisnis di tanah air. Menurut Head of Consulting dari lembaga analis dan konsultan, baru ada delapan persen perusahaan di tanah air yang telah melakukan transformasi digital dengan tepat, dan mengambil keuntungan dari hal tersebut. Kebanyakan perusahaan konvensional masih dalam tahap mencari tahu teknologi dan model bisnis yang potensial

Karena itu, pada tanggal 8 Februari 2018 ini  pun mengumumkan beberapa prediksi mereka terkait perkembangan teknologi digital dalam waktu tiga tahun ke depan (sekitar tahun 2021). Mereka berharap prediksi ini bisa membantu para perusahaan konvensional di tanah air untuk bisa beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dengan baik.

Lebih dari empat puluh persen Produk Domestik Bruto (GDP) Indonesia akan berupa produk digital
Teknologi Digital | Ilustrasi

Dukungan pemerintah yang tinggi terhadap industri digital

Kian banyaknya startup teknologi yang inovatif di tanah air Kehadiran teknologi-teknologi baru seperti kecerdasan buatan (AI) dan Big Data Sekitar dua puluh persen perusahaan konvensional telah melakukan transformasi digital di semua lini bisnis Pengeluaran untuk layanan cloud (baik software maupun hardware) mencapai angka Rp3,8 triliun Sekitar sepuluh persen transformasi digital yang dilakukan perusahaan konvensional akan melibatkan AI

Para perusahaan di tanah air akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk:

  1. Memanfaatkannya di dalam aplikasi mobile
  2. Pembuatan chatbot untuk melayani pelanggan
  3. Membuat perangkat robotik untuk meningkatkan efisiensi produksi
  4. Pengembangan aplikasi oleh perusahaan konvensional akan beralih ke konsep microservice (hyperagile)
  5. Penggunaan interface yang memanfaatkan sensor biometrik dan Augmented Reality (AR) akan meningkat
Contoh penggunaan dari teknologi ini bisa kamu lihat di :
  1. Toko tanpa kasir bernama Amazon Go yang dibuat oleh Amazon
  2. E-commerce yang bisa menampilkan produk dengan teknologi AR, seperti Alfamind yang dibuat Alfamart
  3. Lebih dari sepuluh persen perusahaan konvensional di tanah air akan memanfaatkan teknologi blockchain
  4. Blockchain | Ilustrasi
Beberapa bidang yang akan menggunakan teknologi blockchain lebih dahulu di tanah air adalah:

  • Jasa keuangan
  • Distribusi barang
  • Manufaktur
  • Retail
  • Pemerintah

Nah itulah Teknologi yang akan datang di masa depan, itulah cuma perkiraan oleh orang orang yang lebih maju ke depan dan ingin memajukan teknologi sanat pesat di masa modern ini oke cukup pejelasanya sampai sini saja sekian terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html